Home Berita Bagaimana Pemerintah Daerah Melanjutkan Proyek Pembangunan Nasional Yang Dihentikan?

Bagaimana Pemerintah Daerah Melanjutkan Proyek Pembangunan Nasional Yang Dihentikan?

631
0
SHARE
Bagaimana Pemerintah Daerah Melanjutkan Proyek Pembangunan Nasional Yang Dihentikan?

Bagaimana Pemerintah Daerah Melanjutkan Proyek Pembangunan Nasional Yang Dihentikan?
Ini adalah sebuah pertanyaan yang ingin dijawab oleh Bappeda Kabupaten Tasikmalaya melalui sebuah kajian penelitian.
Diantara prioritas pembangunan Nasional yang berada di Kabupaten Tasikmalaya pada periode pemerintahan Presiden Jokowidodo  periode 2014-2019 adalah pengembangan Tekno Park. Proyek yang dijalankan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berlokasi di Kecamatan Kadipaten ini dimulai pada tahun 2015 dan Berakhir pada tahun 2019. Selanjutnya Tekno Park akan diserahkan pengelolannya kepada Pemerintah Daerah.


Bagaimana Strategi Pemda agar pengelolaan Tekno Park berjalan dengan baik pasca asistensi LIPI merupakan sebuah kajian yang dilakukan oleh Bappeda pada tahun 2018. Kajian menyimpulkan bahwa Tekno Park Tasikmalaya berada di Quadran I dimana strategi yang paling relevan adalah strategi agresif yaitu penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Studi ini juga membandingkan 4 pilihan manajemen pengelolaan Tekno Park pasca asistensi LIPI dan manajemen pengelolaan mandiri dan profesional dinilai paling sesuai. 


Hasil kajian ini dipresentasikan dalam sebuah Konferensi Internasional pada tanggal 26-27 Juli 2019 di kota Male, Maladewa dengan pembiayaan dari Pusbindiklatren Bappenas, dan kemudian diterbitkan dalam The Journal of Indonesian Sustainable Development Planning (JISDeP) edisi April 2020.

Kajian lengkap dapat di unduh di: Selengkapnya